Kenali Penyebab Latah dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Latah dan Bagaimana Cara Mengatasinya

purebun.com – Kenali Penyebab Latah dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Latah adalah reaksi terkejut yang berlebihan yang umumnya disertai dengan perilaku meniru kata-kata atau gerakan tubuh orang lain. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja dan akan diulang jika orang-orang dengan ceramah terkejut terus menerus.

Latah adalah kebiasaan abnormal yang dapat terjadi pada berbagai kelompok umur, baik pria maupun wanita. Latah muncul ketika seseorang terkejut oleh sesuatu, seperti jeritan, guncangan, atau benda yang jatuh.

Reaksi terkejut yang dialami oleh penderita banyak orang cenderung berlebihan dan umumnya disertai dengan salah satu perilaku berikut:

Kata atau frasa yang diulang yang diucapkan oleh orang lain (Ekolalia)
Mengulangi pergerakan orang lain (Ecopraxia)
Say Dirty or Dececent Words (Koprolalia)
Lakukan gerakan tertentu yang dipesan oleh orang lain (kepatuhan otomatis)
Penderita Latah secara spontan akan melakukan salah satu perilaku ini ketika mereka merasa terkejut.

Penyebab Latah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pembicaraan dapat dialami oleh siapa saja.

Anak-anak berusia kurang dari 1-3 tahun dapat mengalami Ecolaria atau Ecopraxia Talkatif saat mereka belajar berbicara dan mengenal lingkungan di sekitar mereka. Namun, talkatif layak untuk diwaspadai jika masih terjadi pada anak-anak di atas 3 tahun. Ini bisa menjadi gejala autisme.

Sementara itu, pada orang dewasa, banyak bicara biasanya disebabkan oleh perasaan depresi, ketakutan, atau kecemasan. Ketika Anda mendengar suara keras atau merasakan kejutan besar pada tubuh tiba-tiba, orang bisa merasa takut dan ingin mengulangi kata-kata atau gerakan orang lain di sekitarnya.

Tidak hanya itu, banyak bicara pada orang dewasa juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain, termasuk:

  • Gangguan komunikasi, seperti afasia
  • Demensia
  • Cedera kepala
  • Igauan
  • Sindrom Tourette
  • Kelumpuhan
  • Skizofrenia
  • Epilepsi
See also  Know the Source of Vitamin E and its Benefits for Your Health

Berbeda dengan Ecolaria dan Ecopraxia Talkatives yang meniru kata atau gerakan tubuh orang lain, pasien dengan koprolyalia banyak bicara akan mengeluarkan kata-kata yang mengutuk atau kata-kata tidak senonoh. Kutukan kotor ini keluar tak terkendali ketika mereka terkejut, di mana saja dan kapan saja.

Nah, penderita koprolalia ini diperkirakan telah merusak Amigdala, yang merupakan bagian dari otak yang memproses ketakutan dan kemarahan.

Bagaimana Berurusan dengan Talkatif
Meskipun tampaknya lucu bahkan digunakan sebagai lelucon, penderita yang banyak bicara sering merasa lelah ketika terus-menerus meniru kata-kata atau gerakan orang lain. Namun, kondisi ini juga sulit dikendalikan karena mereka tidak dapat mengendalikan respons tubuh terhadap gerakan fisik atau kata-kata orang lain.

Penderita yang terarah bahkan dapat mengambil tindakan berbahaya, seperti meniru gerakan meninju atau menendang, dan mengatakan kata-kata tidak senonoh di tempat-tempat umum yang berpotensi menyinggung orang lain.

Bagaimana menangani pembicaraan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Oleh karena itu, penderita yang banyak bicara didorong untuk berkonsultasi dengan seorang psikiater untuk mengetahui kondisi yang membuatnya banyak bicara.

Berikut adalah beberapa penanganan umum untuk mengatasi pembicaraan:

Terapi berbicara

Penderita Talkatif Ekolalia didorong untuk menghadiri sesi terapi wicara untuk belajar menyampaikan apa yang mereka pikirkan. Terapis juga akan mengidentifikasi penyebab bicara, kemudian mencoba memahami mengapa penderita yang banyak bicara selalu mengulangi kata-kata orang lain ketika mereka terkejut.

Pemberian obat

Jika banyak bicara disebabkan oleh gangguan kecemasan, gangguan kesehatan mental, epilepsi, atau sindrom Tourette, dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu. Namun perlu diingat, obat-obatan ini hanya membantu mengurangi tingkat keparahan kondisi, bukan untuk menyembuhkan pembicaraan.

Mungkin informasi yang kami sajikan di sini dapat membantu dan menemukan apa yang Anda cari. Jangan Lupa Untuk Selalu Mengunjungi Kembali Website Kami Karena akan Selalu memberikan informasi terbaru, Terima kasih banyak.

See also  Fast Diet or Healthy Diet, Which is Better?

Check Also

5 Jamu Pengurangan Kolesterol Paling Efektif

5 Jamu Pengurangan Kolesterol Paling Efektif

purebun.com – 5 Jamu Pengurangan Kolesterol Paling Efektif. 5 Jamu Kolesterol – Lowering dalam artikel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.