3 Tips Mengendalikan Emosi Negatif, Buat Kalian Yang Gampang Emosi

3 Tips Mengendalikan Emosi Negatif, Buat Kalian Yang Gampang Emosi

purebun.com – 3 Tips Mengendalikan Emosi Negatif, Buat Kalian Yang Gampang Emosi. Emosi negatif seringkali menjadi masalah tersulit bagi orang yang kesulitan mengendalikan perasaannya sendiri. Mudah marah atau menangis hanya karena hal sepele, tentunya hal ini sangat mengganggu tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi lingkungan terutama orang-orang terdekat Anda.

Tidak bisa mengendalikan emosi negatif, tentu akan sangat mempengaruhi hidup dan kista sehari-hari Anda. Orang yang mudah emosi pasti akan memiliki kehidupan yang sangat berantakan karena apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya, entah itu karyawan atau rekan kerja, akan selalu salah di mata orang yang temperamental.

Tak hanya itu, orang yang temperamental juga sangat mudah tersulut emosi meski dengan kesalahan kecil yang dilakukan orang lain. Mereka akan sangat mudah melampiaskan amarahnya baik itu berupa makian atau kata-kata kasar.

3 Tips Mengendalikan Emosi Negatif, Buat Kalian Yang Gampang Emosi

Emosi sendiri juga erat kaitannya dengan sifat racun seseorang. Semakin toxic seseorang biasanya memiliki tingkat emosional yang cenderung lebih besar dari yang lain.

Mengendalikan emosi tentu menjadi kebutuhan bagi setiap orang, terutama bagi orang yang merasa temperamental. Karena jika seseorang tidak dapat mengendalikan emosinya sendiri, maka akan mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan mentalnya.

Lalu bagaimana cara mengendalikan emosi negatif agar tidak mudah meledak karena masalah kecil atau hal sepele?

Berikut tips sederhana untuk mengendalikan emosi negatif yang bisa dan Anda coba.

1. Diam

Ketika kalian sedang merasa sangat emosional dan hampir meledak, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan, lalu menjauhlah hingga emosi Anda turun dan tidak pernah menanggapi apa yang orang hanya akan meningkatkan emosi.

See also  3 Resep Ampas Susu Kedelai untuk Kurangi Sampah Makanan

2. Jauhkan dari sumber emosi

Cara kedua untuk mengendalikan emosi Anda adalah dengan menjauhi masalah yang menyebabkan emosi Anda meluap.
Menjauh dari sumber emosi Anda atau penyebab emosi Anda dapat membuat Anda lebih tenang dan kecil kemungkinannya untuk melampiaskan perasaan Anda dengan kata-kata atau kemarahan yang hanya akan membuat masalah semakin besar.

Tetap tenang adalah keputusan terbaik karena ketika emosi memuncak, Anda tidak akan pernah menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

3. Pergi, mandi atau tidur

Emosi bisa terjadi karena otak sedang panas dan jantung dalam keadaan tidak stabil. Wudhu dipercaya dapat menenangkan pikiran dan perasaan, jika setelah wudhu masih ada perasaan cemas atau emosi yang tidak kunjung hilang dan mereda maka lebih baik menyendiri di tempat tidur untuk beristirahat karena akan meringankan beban pikiran.

Check Also

13 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga, Salah Satunya Terhindar dari Cedera

13 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga, Salah Satunya Terhindar dari Cedera

purebun.com - 13 Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga, Salah Satunya Terhindar dari Cedera. Pemanasan sebelum berolahraga ternyata menyimpan banyak kegunaan bagi tubuh yang kudu kamu ketahui. Pemanasan sebelum olahraga berarti ditunaikan di mana saja dan kapan saja. Kemudian, apa fungsi pemanasan? Pemanasan merupakan keliru satu kesibukan untuk mempersiapkan tubuh untuk menghadapi aktivitas fisik sehari-hari terhitung olahraga. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.