10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian, Kalian Sudah Pernah Cobain?

10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian, Kalian Sudah Pernah Cobain?

purebun.com – 10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian, Kalian Sudah Pernah Cobain?. Umbi tidak hanya sebatas singkong dan ubi jalar lho. Ternyata, ada banyak jenis umbi-umbian yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, seperti bawang bombay, wortel, bengkuang, kentang, talas, gadung, dan masih banyak lagi. Jika dikumpulkan, mungkin ada puluhan jenis umbi-umbian yang bisa kita temukan di tanah air.

10 Makanan Enak yang Terbuat dari Umbi-umbian

Nah, kali ini admin akan memberikan inspirasi 10 makanan berbahan dasar umbi-umbian. Nah, jika Anda termasuk orang yang suka mencoba resep atau kuliner baru, makanan yang akan kita bahas di sini bisa menjadi ide yang menarik untuk Anda.

 

1. Choi Pan

Choi pan dikenal sebagai makanan khas Pontianak. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari umbi-umbian karena mengandung bengkuang.

Ya, bengkuang dan daun bawang ditumis jadi satu, lalu dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung tapioka. Setelah dibungkus dan dibentuk seperti bulan sabit, choi pan akan dikukus seperti dim sum. Setelah matang, bagian atas choi pan akan ditaburi bawang putih goreng. Kemudian, choi pan akan dinikmati dengan saus spesial. Wah, makanan ini enak banget!

2. Kentang Goreng

Sekilas tampilan makanan ini sangat mirip dengan kentang goreng. Namun, makanan ini tidak terbuat dari kentang, melainkan dari talas. Ya, minuman bubble tea atau es krim dengan rasa talas sebenarnya berasal dari talas. Talas merupakan salah satu umbi-umbian yang cukup populer di negara-negara barat.

Bagi pemula yang ingin mengolah talas menjadi makanan yang enak, mungkin bisa memulainya dengan membuat Kentang Goreng Talas ini. Untuk rasa yang lebih gurih, sebaiknya taburkan garam, merica, dan air jeruk lemon pada potongan talas sebelum menggorengnya dalam minyak panas. Untuk sausnya bisa menggunakan saus mustard atau sambal botolan.

3. Perkedel

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, kue adalah lauk yang terbuat dari kentang. Di Indonesia, kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang populer. Bahkan, kentang bisa ditambahkan ke semur atau sup sesuai selera.

Perkedel dibuat dari kentang tumbuk dan kemudian dicampur dengan bumbu tertentu. Terkadang, kita juga bisa menambahkan potongan daging cincang di dalamnya. Kemudian, kue-kue tersebut dibentuk menjadi bulatan pipih kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Kue juga bisa jadi pelengkap Soto Ayam, Soto Banjar, hingga Nasi Kuning.

4. Klepon

Makanan berbahan umbi-umbian ini merupakan jajanan pasar yang legit dan sangat membuat ketagihan yaitu klepon. Biasanya klepon berwarna hijau, namun kali ini admin ingin memperkenalkan klepon kuning dan ungu yang terlihat sangat cantik. Tak perlu salah paham dulu karena warna kuning dan ungu pada klepon berasal dari ubi jalar.

Ya, ubi jalar bisa menjadi bahan yang sangat baik untuk membuat klepon. Tekstur klepon ubi jalar ini lebih kenyal dan aromanya lebih harum. Singkat kata, ubi jalar bisa menambah cita rasa klepon tradisional.

5. Misro

Pernahkah Anda mencoba makan misro di sore hari sambil menikmati teh? Jika belum, Anda harus mencobanya karena misro merupakan makanan olahan singkong yang rasanya sangat enak. Misro terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan parutan kelapa dan garam. Sambil dibentuk bulat, adonan singkong diisi dengan gula merah.

Setelah adonan dibentuk bulat-bulat, goreng adonan dalam minyak panas. Goreng misro ini sampai kuning keemasan. Makanan ini bisa dinikmati sebagai camilan untuk mengganjal perut.

6. Emping Garut

Garut adalah umbi yang tidak terlalu populer di Indonesia. Meskipun di beberapa daerah garut masih digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Jika Anda suka ngemil, Anda harus mencoba keripik garut. Jika biasanya emping terbuat dari buah melinjo, kali ini berbahan dasar garut.

Bagian umbi garut yang diolah menjadi keripik hanya di bagian tengahnya, sedangkan bagian lainnya diolah menjadi pati atau tepung garut. Keripik garut ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti keripik melinjo. Penderita asam urat juga lebih aman makan keripik garut.

7. Wortel Potage

Anda tentu tidak menyangka bahwa wortel juga termasuk dalam umbi-umbian. Padahal, wortel lebih mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan dibandingkan umbi-umbian lainnya. Namun, kali ini admin ingin menginspirasi Anda untuk membuat wortel potage atau sup krim wortel.

Makanan ini sangat cocok untuk anak-anak yang tidak suka makan sayur. Pasalnya, wortel sudah dihaluskan menjadi sup. Teksturnya yang kental dan rasanya yang manis-gurih pasti disukai oleh anak-anak. Apalagi jika ditaburi keju parut dan irisan roti tawar yang sudah dipanggang sebelumnya.

8. Sup Lobak Putih

Lobak juga merupakan jenis umbi-umbian yang masih satu famili dengan wortel. Jenis lobak yang paling populer untuk diolah menjadi masakan adalah lobak putih.

Jika Anda memiliki lobak putih, Anda bisa mengolahnya menjadi sup lobak putih yang dicampur dengan sayuran lain atau potongan ayam atau sapi. Makanan yang terbuat dari umbi-umbian ini sangat cocok dinikmati saat sedang sakit atau dalam cuaca dingin. Sup lobak putih juga bisa disantap dengan nasi putih.

9. Bola suweg

Suweg merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kurang populer, namun memiliki banyak manfaat. Padahal, suweg digadang-gadang bisa menggantikan oatmeal karena kaya akan karbohidrat. Suweg adalah umbi dari bunga bangkai.

Bola suweg adalah salah satu makanan yang dibuat dari suweg dengan tambahan bumbu lain, seperti tepung terigu, mentega, telur, garam, bawang putih, merica bubuk, daun bawang, dan kaldu ayam. Kemudian, adonan suweg yang sudah bulat digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

10. Kue Talas

Bosan dengan kue bolu yang itu-itu saja? Coba modifikasi spon dengan menambahkan talas di dalamnya. Kue talas atau kue lapis talas merupakan makanan yang mudah ditemukan di Bogor. Talas yang digunakan untuk mengolah bolu ini benar-benar talas asli, bukan perasa talas.

Yang membuat makanan ini unik, Anda tidak akan merasakan rasa talas yang membuat mual. Justru rasa kue bolu ini terasa pas di lidah. Tambahkan keju parut di atas kue taro ini agar rasanya lebih gurih dan mantap.

See also  7 Rekomendasi Apartmen Murah Di Jakarta

Check Also

Fermentasi Adalah Pengolahan Makanan dengan Bantuan Mikroorganisme, Kenali Contohnya

Fermentasi Adalah Pengolahan Makanan dengan Bantuan Mikroorganisme, Kenali Contohnya

purebun.com - Fermentasi Adalah Pengolahan Makanan dengan Bantuan Mikroorganisme, Kenali Contohnya. Fermentasi adalah istilah yang bisa saja telah bukan asing ulang bagi kebanyakan orang. Anda bisa saja mengenali fermentasi berasal dari pembelajaran Hayati kala Sma, yaitu bersama praktik sebabkan tempe atau tapai. Anda kemungkinan juga mengenal fermentasi berasal dari beraneka makanan yang dijual di pasaran, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *